Saturday, May 25, 2013

Opini Santri : Syaikhina Membawa Cinta



Sudah seharusnya santri langitan mengaplikasikan tentang kebaikan, keikhlasan, keteladanan dan kewira’ian beliau dengan semaksimal mungkin. Hanya rasa cintalah yang bisa terungkap dari sekian banyak kemuliaan yang beliau miliki. Begitu banyak dari ribuan santri atau alumni yang merasakan cinta begitu dalam kepadanya. Semua bisa terbukti dengan sikap para santri yang tetap setia menuntut ilmu di ma’had ini dan mentaati peraturan-peraturan. Tidak hanya itu semangat belajar para santri, kini semakin berkibar demi meneruskan perjuangan yang beliau kobarkan semasa hidup. Mungkin dengan rasa cinta inilah seorang santri akan semakin dekat dengan sang Murobbi meski batu nisan memisahkan dunia mereka.


                Salah satu alasan dari sekian banyak cinta yang tertuju kepada beliau adalah karena senyum lembutnya, dalam keadaan apapun, kapanpun dan di manapun senyuman itu tidak pernah lepas dari wajah beliau. Bahkan dari sekian banyak masyarakat ataupun alumni yang sowan kepadanya, tidak pernah sekalipun beliau meninggalkan senyumnya. Semua dianggap sama, dan semua tamu pun mendapatkan senyuman yang sama. Dari senyuman itulah timbul benih-benih cinta yang membekas di hati ribuan insan yang merindukan beliau.

                Selain senyuman yang selalu beliau tebarkan, beliau juga senantiasa memancarkan rasa ikhlasnya dalam kehidupan sehari-hari. Betapa tidak, dalam usianya yang senja beliau tetap setia mencurahkan waktu, pikiran dan tenaga demi mendidik santri-santri agar mereka menjadi insan yang mulia. Beliau hanya mengharapkan santri-santrinya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan turut memperjuangkan agama yang dibawa oleh Rosulullah SAW. Rasa ikhlas itu selalu terpancar di balik senyum, tuturkata, dan ketawadhu’an beliau. Dari situlah sekali lagi beliau menarik hati ribuan insan untuk selalu mencintai dan merindukannya.

                Dari pancaran senyum beliau, muncul sebuah kasih sayang di hati beliau, hal itu tersirat dari kepeduliannya kepada santri-santri, beliau tidak henti-hentinya mengingatkan kepada para santri tentang bahaya merokok, mencuri dan hal-hal lain yang merugikan diri sendiri ataupun orang lain. Bukan itu saja, setiap sebelum jamaah beliau istiqomah menyempatkan diri untuk mengatur shaf. Alangkah tulusnya beliau mendidik para santri, tidak hanya akhlak atau pun ilmu yang beliau ajarkan, beliau juga memberikan perhatian penuh kepada santri-santri, sehingga ketulusan hati yang beliau berikan, selalu membuahkan rasa cinta yang mendalam dari hati penghuni ma’had ini, itulah sebabnya meskipun jasad beliau telah pergi, kasih sayang beliau tetap tersimpan di nurani santri.

Selain seorang figure yang selalu memberi tauladan kepada santri, beliau juga memiliki rasa cinta  dan ketulusan yang begitu besar kepada santri-santrinya, betapa tidak, meski usia telah senja, ketekunan beliau tidak pernah surut dalam mendidik mereka mengingat santri zaman sekarang tidak sama seperti santri zaman dahulu, meskipun pada dasarnya mereka tetap sam’an watho’atan, namun karakter mereka sudah berbeda. Beliau tetap setia mengayomi mereka dengan segala ketulusan hatinya. Bahkan beliau tidak henti-hentinya mendoakan mereka.

Tidak hanya itu, dahulu semasa beliau dirawat di rumah sakit, beliau meminta kembali ke pesantren setelah satu bulan lebih beliau terbaring di sana. Padahal waktu itu beliau belum sembuh benar dari sakitnya, dan dokterpun menyarankan agar beliau masih tetap di rumah sakit, namun beliau menolaknya. Beliau ingin pulang karena sudah lama tidak bertemu para santri, beliau rindu dengan mereka, beliau ingin kembali melihat mereka semua yang sedang mengaji. Sempat beliau keluar dari kediamanya dengan kursi roda beserta keluarga untuk melihat para santri yang sedang mengaji. Ini adalah sebagian bentuk rasa cintanya kepada para santri. Dari cinta yang  tulus dalam hati sang Kiai, munculah beribu cinta yang tumbuh di hati semua santri. Seberapa besar cinta kita kepada Syaikhina???

*Istahilagi
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Makasih telah berkomentar