Jumat, 30 November 2012

Opini Santri : Antara Esok Dan Hari Ini


Setiap orang pasti menginginkan masa depan yang lebih baik, hidup lebih baik dan impian yang  tercapai. Karena itulah mereka menggantungkan cita-cita setinggi mungkin. Dan memang seharusnya juga seperti itu, karena apa yang mereka cita-citakan itu akan membuat hidup semakin berpacu.
Memang banyak atau mungkin hampir semua orang memiliki cita-cita yang begitu tinggi, namun banyak pula diantara mereka yang hanya menggantungkannya begitu saja di ujung langit tanpa ada usaha  untuk meraihnya. Padahal hari esok adalah buah dari hari ini, apa gunanya impian yang tinggi di kelak hari kalau dari sekarang tidak ada upaya untuk melangkah.
Esok Pasti Terjadi
Sering kali orang memikirkan tentang bagaimana kehidupan di hari esok. Apakah hidupnya akan sejahtera ataupun susah. Sehingga kekhawatiranpun akan muncul ketika ia memutuskan sebuah pilihan. Seorang santri misalnya, sebelum mondok mungkin ada yang berpikiran mau jadi apa saya nanti, sehingga kebimbanganpun menyelimuti hatinya. Bayangan semacam ini memang wajar-wajar saja terlintas di hati seseorang, namun tidak baik jika terus berlarut-larut. Karena hari esok pasti terjadi, dan mau tidak mau kita harus siap mengalaminya. Kita tidak tahu seperti apa kita nanti, karena itulah usaha harus tetap digalakan tidak peduli sampai tujuan ataukah tidak yang jelas kita harus terus berlari, toh langkah yang kita lewati akan memberi hikmah tersendiri yang tidak mungkin didapatkan dengan hanya berdiam diri.
Esok bukan segalanya
Memang benar bagi kita untuk terus berusaha mengejar impian, namun tidak seharusnya menjadikanya sebagai target kehidupan di hari esok. karena hidup terus berjalan dan tidak ada final dalam perjalanan meniti kehidupan. Itu sebabnya kita harus terus mencari hikmah demi kelanjutan yang lebih baik. Namun sebaik apapun di hari esok tidak seharusnya orang berbangga diri apa lagi sampai berbesar kepala, karena di atas langit masih ada langit.
hari ini adalah langkah kita 
Kebanyakan orang mengerahkan apa saja yang ia bisa demi suksesnya impian di hari esok, padahal tidak seorangpun tahu bagaimana nantinya. Berlebihan dalam hal ini pun akan berakibat buruk bagi seseorang, sebab jika hasilnya tidak sesuai dengan yang ia inginkan dan tidak bisa menerimanya, maka yang terjadi adalah pelampiasan yang  jelek. Karena tidak semua yang kita impikan akan tercapai, akan tetapi semua pasti ada gantinya, mungkin itulah yang ditakdirkan untuk kita dan mungkin itulah yang terbaik, sebab kita belum tahu apakah impian kita nanti sebaik yang kita bayangkan atau tidak.
Hari inilah yang terpenting
Impian tidak akan ada artinya jika tanpa melangkah, dan hari ini adalah langkah yang terpenting dalam sebuah impian, karena kita tidak bisa begitu saja menunda-nunda sebuah perubahan. Sekarang ya sekarang sedangkan mimpi itu nanti, bagian yang terpenting bukanlah sebuah tujuan, akan tetapi sebuah proses yang mengantarkan kita padanya, karena melalui proses itulah kita dapat mengambil arti dan memperoleh sesuatu yang berharga. Hari ini adalah kenyataan yang sudah pasti kita hadapi, bukan sebuah bayangan yang kita angankan di hari esok. Oleh karena itu sebaiknya seseorang berpikir kreatif pada hari ini bukan memikirkan hari esok yang masih semu. Karena sejatinya hari esok adalah tujuan bukan tindakan. Yang kita usahakan bukanlah impian, akan tetapi impian adalah tujuan dari usaha kita. Dan kita tidak seharusnya memikirkan hari esok, tetapi yang harus kita pikirkan adalah bagaimana kita bisa dikenang di hari esok.
By: Istahil@gi

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih telah berkomentar